Gejala dan kerusakan stik playstation

Stik Playstation merupakan peralatan yang rentan dengan gangguan dan kerusakan. Hal ini disebabkan karena seringnya digunakan dalam waktu yang sangat lama. Apalagi tekanan-tekanan saat memencet tombol juga menjadikan stik playstation semakin cepat rusak.

Berikut ini gejala dan kerusakan yang biasa terjadi pada stik playstation :
1. Kerusakan yang berasal dari Kabel Stik.
Gejala :
– Stik nyetar-nyetar (tombol start seperti terpencet).
– Stik mati, semua tombol tidak bisa digunakan, termasuk analog.
Penyebab :
Kabel putus
Perbaikan :
Untuk gangguan seperti di atas dapat diatasi dengan memotong kabel yang putus. Kejadian kabel putus paling sering terjadi di pangkal kabel yang keluar dari stik ps. Apabila masih putus nyambung-putus nyambung, inilah yang menyebabkan stik nyetar-nyetar. Potong sekitar 10cm atau dapat coba ditarik satu persatu warna kabel untuk memastikan kabel mana yang putus. (Hendaknya waktu memotong disisakan sedikit warna kabel agar tidak kesulitan saat pemasangannya kembali, karena ada perbedaan dari beberapa stik ps untuk letak urutan warnanya). Biasanya apabila kabel tersebut putus akan dengan mudah ditarik meskipun dengan tarikan yang sangat pelan. Apabila kesulitan menemukan kabel yang putus dapat kita test menggunakan multimeter satu persatu.
Setelah ditemukan kabel yang putus, sebelum disambungkan kembali dengan stik, ukur kembali menggunakan multimeter. Hal ini untuk memastikan bahwa kabel sudah tidak ada yang putus, untuk menghindari kerja dua kali. Karena terkadang putusnya kabel stik tidak cuma berada di satu tempat.
Apabila sudah tidak memungkinkan kabel dipakai lagi, karena terlalu banyak yang putus atau sudah terlalu pendek sebaiknya diganti dengan yang baru. Pilih kualitas kabel yang baik atau kabel ori agar lebih awet.
Penyebab lain yang mungkin terjadi di antaranya : solderan kabel lepas, pin konektor stik patah, kabel lepas. Jika hal ini terjadi kita bisa solder kembali atau kita sambung kembali.

2. Kerusakan yang berasal dari Keypad dan Karet Stik.
Gejala :
– Salah satu tombol atau lebih tidak berfungsi.
Penyebab :
– Karet stik sudah aus
– Karbon pada keypad sudah aus
– Keypad dan karet stik kotor
– Jalur pcb/mika putus
– IC Controller Rusak
Perbaikan :
Apabila keypad atau karet stik kotor, kita bisa bersihkan dengan menggunakan alkohol atau pembersih lainnya. Jika masih belum berfungsi, periksa karbon dan karet stik apakah sudah aus ?. Kalau karet sudah aus, ganti dengan karet yang baru.
Untuk karbon keypad yang sudah aus bisa kita tambahi dengan menggunakan liquid carbon. Namun liquid karbon yang ada di pasaran mutunya sangat jelek, untuk pemakaian sebentar saja tombol sudah tidak berfungsi lagi.
Masalah berikutnya jalur pcb/mika putus. Hal ini biasanya sering terjadi pada keypad mika apabila sudah dipakai lama. Solusinya, untuk keypad pcb bisa kita solder jalur yang putus tadi. Sedangkan untuk keypad mika sebaiknya diganti dengan yang baru. Memang ada cara menyambung jalur putus pada keypad mika, yaitu juga dengan menggunakan liquid karbon, namun hal ini tidak dapat bertahan lama. Dari pada bongkar pasang lagi, mending langsung diganti dengan yang baru.
Ini kemungkinan terakhir yang tak bisa diatasi, apabila IC controller rusak, maka bisa jadi salah satu tombol atau lebih tidak bisa berfungsi. Jika sudah begini siap-siap beli stik baru.

3. Kerusakan yang berasal dari Analog Stik.
Gejala :
– Gerakan tokoh game tidak beraturan (goyang-goyang)
– Arah gerakan selalu ke kanan / kiri / atas / bawah (berputar ke kanan / kiri / atas / bawah)
– Saat main winning eleven, pemain selalu melakukan gerakan goyang samba
– Analog stik tidak bisa untuk menggerakkan apapun
Penyebab :
– VR (Variable Resistor) pada analog stik sudah aus.
– Tongkat penggerak analog patah
– Plastik bulat di dalam analog sudah aus
Perbaikan :
Apabila VR sudah aus yang terjadi di antaranya adalah gerakan tokoh game tidak beraturan, analog tidak bisa menggerakkan apapun, gerakan hanya ke satu arah. Untuk memperbaikinya, apabila tongkat penggerak analog tidak patah dan plastik bulat tidak aus, bisa cukup kita ganti VR-nya saja. Ada dua VR pada satu analog stik, kita ganti yang mengalami gangguan saja.
Tongkat penggerak analog yang patah atau plastik bulat yang sudah aus menyebabkan analog tidak bisa kembali ke tengah, tentunya ini sangat mengganggu saat kita memainkan sebuah game. Solusinya bisa kita ganti part yang patah / aus atau kita ganti dengan analog yang baru.

Kerusakan yang paling parah dari stik ps adalah jika IC controller mati, maka semua fungsi tombol maupun analog tidak dapat dijalankan.

About these ads

9 Tanggapan

  1. stick matot;slot bgus kbel bgus…KNAPA YA

  2. om.kmaren ane ganti analog stick,eh malah analognya goyang trus,apa salah dalam penyolderan mohon dibantu

  3. gannnn…knpa ya analog kiri stik ane kox g berfunngsi srsuai dgn smestinya….td pas wktu main winning kox gerakan pemain g beraturan…tlong solusinya….pdhl stik ane terglong msh baru tp oq dah bermslah dan tmbol yng lainya berfngsi normal…bls ke mail q

  4. Aq pux masalh.analog stik sdh d gant dgn yg bru VR sdh d gant tp ko tetap aja gerakan tokoh game tdk beraturan lari kanan kiri atas bwah.mohon bntuanx

    • Anda bisa check kabel pita yang ke PCB analog nya pakai Multitester mana tahu ada yang lepas atau putus . Karena kalau kabel ini putus gejalanya juga sama seperti analog rusak .

  5. Om..karakter tokoh game ku ga beraturan gerakannya,, gimana caranya nieh.
    Apaan tuh ” VR “.,dimana beli,berapa harganya
    caranya bongkar analog gmana? Kasi’ penjelasan nya

  6. siiiiip, sgt membantu…

  7. Kalau rusak di port consolenya gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.